Gerbang Logika

Gerbang logika adalah rangkaian dasar yang membentuk computer. Jutaan transistor di dalam mikroprosesor membentuk ribuan gerbang logika. Sebuah gerbang logika sederhana mempunyai satu terminal output dan satu atau lebih terminal input. Keluarannya dapat tinggi (1) atau rendah (0), tergantung level digital yang diberikan pada terminal input. Disini hanya akan dijelaskan 3 gerbang logika.
Gerbang logika yang kini sering dipakai berasal dari IC logika seperti 74XX atau 40XX. Satu IC yang berisi 4-8 gerbang logika kini hanya berharga ribuan rupiah, namun IC yang dibuat dengan teknologi tinggi seperti prosesor Intel Pentium, memiliki berjuta0juta gerbang logika, yang harga tiap gerbang logika menjadi hanya beberapa rupiah. Semua chip kompleks yang melakukan pemrosesan sinyal secara digital dapat dipastikan menggunakan gerbang0gerbang logika padadetail desain rangkaian.
Gerbang logika NOT,NAND, dan NOR adalah gerbang logika dasar pada teknologi CMOS, sedangkan gerbang logika NOT, AND, dan OR adalah gerbang logika yang diturunkan dari gerbang logika dasar tersebut. Hal ini karena pada pembuatan gerbang logika, jumlah transistor yang dipakai pada pembuatan NAND lebih sedikit sehingga lebih sederhana dari pada AND, begitu pula NOR.

Gerbang Logika OR
Gerbang OR adalah gerbang yang akan memberikan keluaran berlogika 1 bila gerbang inputnya ada yang memberikan logika 1.
Tabel kebenaran 2 input gerbang OR diperlihatkan pada table dibawah. Dari table kebenaran bisa dilihat X berlogika 0 jika kedua input 0, dan akan berlogika 1 jika setidaknya 1 buah input berlogika 1. Contoh IC untuk gerbang OR adalah 7432 quad OR Gate.

A B X=A+B
1 1 1
1 0 1
0 1 1
0 0 0

Gerbang AND
Gerbang AND adalah gerbang yang memberikan keluaran 1 bila semua masukkan diberikan 1. Tabel dibawah menunjukkan table kebenaran gerbang AND untuk 2 buah masukkan. Dengan X akan berlogika 1 jika kedua input berlogika 1.Tabel kebenaran

A B X=A.B
1 1 1
1 0 0
0 1 0
0 0 0

Dari table kebenaran kita bisa melihat output pada X adalah 1 jika input A dan B juga 1. Jika gerbang AND ini adalah sebuah IC TTL, 1 berarti +5 V dan 0 berarti 0 V.

Inverter
Gerbang logika inverter digunakan seperti dasar gerbang logika AND dan OR terkecuali gerbang inverter mempunyai tambahan rangkaian output yang membalik. Pada dasarnya ada tiga gerbang logika inverter : NAND (NOT-AND) dan NOR (NOT-OR). Jika gerbang ini dimasukkan 1 akan mengubah keluaran inverter menjadi 0 dan jika inverter ini dimasukkan 0, maka akan mengubah keluaran inverter menjadi 1. Persamaan Boolean untuk inverter adalah menulis garis diatas variable seperti X = Ā (X = tidak A). Contoh IC inverter adalah 7404 sebagai hex inverter.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: